expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
Inuyasha - KilalaInuyasha - KilalaInuyasha - Kilala

Saturday, January 23, 2016

Lima Mitos Seputar Imlek



Hai guys! Imlek udah tinggal 3 minggu lagi nih :3 Di posting­-an blog gw kali ini, gw bakal bahas tentang beberapa mitos seputar Imlek yang masih dipercaya masyarakat Tionghoa sampai sekarang.

1. Pantang makan bubur




Orang-orang Tionghoa selalu berprinsip kalo hari esok harus lebih baik dari hari sekarang.
Makanya kaum Tionghoa pada waktu Imlek pantang hukumnya untuk makan bubur. Soalnya, bubur itu dianggap sebagai simbol kemiskinan.


2. Pantang menyapu saat Imlek


Mungkin mitos ini yang paling lazim didengar. Biasanya, orang-orang Tionghoa akan mulai bersih-bersih rumah sebelum hari Imlek tiba. Mereka percaya kalo nyapu dan ngepel rumah pas hari H, akan turut menyapu semua keberuntungan yang ada.


3. Berkata-kata baik saat hari Imlek


Waktu Imlek, kaum Tionghoa harus berkata-kata sopan dan tidak boleh berkata-kata kasar. Mereka yang berkata-kata kasar waktu Imlek, dipercaya akan dijauhi keberuntungan selama 1 tahun ke depan. Oh ya, orang-orang Tionghoa juga pantang membicarakan tentang hantu atau apapun yang berhubungan dengan roh yang sudah mati karena dipercaya bisa membawa kesialan dan ketakutan.


4. Tidak boleh memotong rambut dan keramas


Pas Imlek, orang-orang Tionghoa tidak boleh potong rambut. Makanya, jauh-jauh hari sebelum Imlek tiba, orang-orang Tionghoa sudah mulai memotong rambut mereka. Alesannya supaya membuang kesialan-kesialan yang ada sebelum Imlek datang. Selain itu, mereka juga pantang mencuci rambut waktu Imlek karena dianggap bisa turut menghilangkan keberuntungan.


5. Memakai baju warna merah dan dilarang mengenakan hitam putih



Orang-orang Tionghoa dilarang mengenakan warna hitam putih waktu Imlek. Hal ini disebabkan karena warna hitam dan putih adalah warna yang dipakai orang –orang Tionghoa saat berkabung dan melayat. Sedangkan seharusnya waktu Imlek semua orang bersukacita. Oleh karena itulah saat Imlek, orang-orang Tionghoa serba merah, yang memiliki arti kebahagiaan dan keberuntungan. Dengan memakai warna merah, dipercaya bisa membawa kebahagiaan dan keberuntungan selama 1 tahun.


Nah itu dia beberapa mitos seputar Imlek yang msih dipercaya orang Tionghoa sampe sekarang. Sebenernya, masih banyak mitos yang dipercaya orang Tionghoa. Tapi untuk kali ini cukup segini aja ya :P

4 comments: