expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
Inuyasha - KilalaInuyasha - KilalaInuyasha - Kilala

Monday, February 1, 2016

Barongsai

Hai guys! Di posting-an terakhir gw untuk ambil nilai tugas TIK ini, gw mau ngebahas tentang salah satu pertunjukan khas Imlek yaitu Barongsai. Buat yang engga tau Barongsai itu apaan, Barongsai adalah tarian tradisional Tionghoa dengan menggunakan sarung yang mirip singa. Ternyata, Barongsai udah ada sejak masa Dinasti Qin, abad ke-3 sebelum Masehi, lho. Wah udah lama banget ya.





Pertunjukan Barongsai dimaksudkan untuk mengusir hal-hal buruk dan membawa keberuntungan. Kenapa bisa begitu? Menurut mitos, pada masa Dinasti Qing ada monster yang ganggu ketentraman masyarakat setempat dan menimbulkan ketakutan serta keresahan. Pada saat itu, muncul si Barongsai atau singa untuk menghalangi monster tersebut. Akhirnya, si monter kalah dan kabur. Nah, si singa juga ikut pergi karena masyarakatnya juga udah aman. Tapi, si monster ternyata sakit hati dan memutuskan untuk bales dendam. Masyarakat tahu dan langsung panik karena si singa udah pergi engga tau kemana. Akhirnya, mereka membuat kostum Barongsai dan sama seperti sebelumya, si monster pun lari tunggang langgang. Makanya masyarakat jadi percaya kalo Barongsai bisa mengusir hal-hal buruk.

Nah tau engga sih guys kalo Barongsai itu ada 2 jenis, Singa Utara sama Singa Selatan. Perbedaannya, kalo Singa Utara bersurai ikal dan berkaki empat, terlihat lebih alami dan lebih mirip singa; sedangkan Singa Selatan punya sisik dan jumah kakinya bervariasi antara 2 atau 4, terus Singa Selatan juga punya tanduk. Dari segi pertunjukan sendiri, Singa Utara cenderung lincah. Sedangkan, Singa Selatan terkenal dengan gerakan kepala yang keras dan melonjak-lonjak. Tapi, keduanya punya gerakan klimaks wajib yang sama, yaitu makan amplop berisi uang. Biasanya di atas amplop juga dikasih selada air sebagai lambang hadiah buat si singa.


Nah itu dia, sedikit pembahasan mengenai Barongsai :D jangan lupa nonton Barongsai pas Imlek ya guys! :P

No comments:

Post a Comment