expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
Inuyasha - KilalaInuyasha - KilalaInuyasha - Kilala

Saturday, January 16, 2016

Gerhana Matahari Total 2016

Udah hari Minggu lagi, saatnya gw kembali nge-post tulisan di blog gw. Hmmmm, kali ini gw bahas tentang gerhana matahari aja ya :P apalagi Indonesia bakal kebagian gerhana matahari total di tahun 2016 ini. Check it out!

Sebelum ke pembahasan gerhana matahari total 2016, gw bakal kasih tau dulu tentang apa sih gerhana matahari itu. Ya lumayanlah untuk menyegarkan ingetan kalian semua tentang pelajaran zaman SD ini :P Jadi, gerhana matahari adalah peristiwa ketika Bulan ada di tengah-tengah Matahai dan Bumi sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Mungkin kalian bertanya-tanya, ‘tapi kan ukuran Bulan lebih kecil dari Matahari gimana bisa dalam gerhana matahari total seluruh cahaya matahari ketutupan sama Bulan?’ Satu hal yang harus diingat, jarak Bumi kita ke Matahari itu sekitar 150 juta km. Sedangkan, jarak Bumi sama Bulan itu cuma sekitar 384 ribu km. Makanya Bulan seolah-olah tampak sebesar Matahari dan bisa menghalangi sinarnya dengan sempurna.



Nah, di tahun 2016 Indonesia mendapat kesempetan buat ngeliat gerhana matahari total. Kalo belom pada tahu, catet tanggalnya ya 9 Maret 2016. Fenomena ini cukup langka guys. Tau ga sih kalo terakhir kali gerhana matahari total ngelintasin Indonesia itu tahun 1983? Dan setelah 2016, gerhana matahari total baru bakal ada 33 tahun lagi :c And you know what? Gerhana matahari total 2016 HANYA BISA DISAKSIKAN DI WILAYAH INDONESIA AJA. Ga ada belahan bumi lain yang bisa liat gerhana matahari total 2016 kayak di Indonesia. Walaupun bisa dilihat di wilayah Indonesia, ga semua provinsi bisa liat gerhana matahari total. Biar gampang, gw kasih tau beberapa tempat dengan gerhana matahari total.

Wilayah yang bakal dilewatin gerhana matahari total: Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Palu, Ternate, dan Tidore.

Sedangkan buat kalian yang tinggal di Jakarta (termasuk gw) hanya kedapetan gerhana matahari sebagian aja hiks :”(

Oh ya, saat gerhana jangan pernah liat matahari secara langsung tanpa bantuan alat ya. Karna kalo kalian liat langsung bisa menyebabkan kebutaan.


Sekian posting-an blog gw kali ini. Semoga bermanfaat :3

No comments:

Post a Comment