expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
Inuyasha - KilalaInuyasha - KilalaInuyasha - Kilala

Saturday, November 21, 2015

Beberapa Rasi Bintang dan Mitologinya

Hai guys ^.^ untuk tugas posting blog terakhir ini, gw bakal bahas tentang beberapa rasi bintang dengan mitologi Yunani-nya :3

1.          CASSIOPEIA



Banyak orang bilang kalo rasi Cassiopeia ini mirip sama kursi terbalik. Ya, rasi yang terdiri atas 5 bintang ini juga punya legenda yang berhubungan sama kursi terbalik ternyata.
Alkisah, Cassiopeia adalah istri dari Raja Cepheus yang berasal dari Kerajaan Aetiophia. Nah, Cassiopeia ini sangat sombong dan bahkan bilang kalo kecantikannya melebihi kecantikan Nereid (putrinya Poseidon). Akhirnya, si Poseidon ngamuk dan ngirim monster laut yang namanya Cetus. Tidak hanya itu, Poseidon juga ngehukum si Cassiopeia dengan mengikatnya di singgasana dan menaruhnya terbalik di angkasa.


2.          PEGASUS



Pegasus yang sering digambarkan sebagai kuda putih bersayap juga punya ceritanya sendiri.
Jadi, suatu hari ada ksatria namanya Bellerophon. Si Bellerophon ini dikirim oleh Raja Iobates dari Kerajaan Lycia untuk ngebunuh Chimaera yang udah ngeluluhlantakkin kerajaan tersebut. Bellerophon tahu kalo dia ga mungkin lawan si Chimaera seorang diri. Maka dengan menggunakan kekang emas Dewi Athena, dia menjinakkan Pegasus. Akhirnya si Bellerophon ini berhasil ngalahin Chimaera. Tapi, dia kemudian jadi sombong dan menganggap dirinya pantes buat jadi dewa. Oleh karena itu, dia dengan menunggangi Pegasus berusaha pergi ke Olympus. Kesombongan Bellerophon menyebabkan dia jatuh dari si Pegasus dan akhirnya cuma si Pegasus aja yang nyampe ke Olympus. Oleh si Zeus, si Pegasus ditaruh di langit menjadi rasi bintang.

3.          OPHIUCUS



Nah ini dia nih rasi bintang yang sempet bikin geger. Gara-gara si Ophiucus rasi bintang zodiak yang harusnya ada 12 jadi ada 13.
Ophiucus ini sering digambarin sebagai laki-laki yang megang ular. Si laki-laki ini adalah Asclepius yaitu anak dewa Apollo yang bisa membangkitkan manusia dari kematian. Asclepius penah melihat Pangeran Glaucus jatuh ke dalam bejana dan tenggelam. Terus di sekeliling tubuhnya ada ular. Si Asclepius ini kemudian ngebunuh ular tersebut. Tapi temennya si ular itu kemudian dateng dan menaruh tanaman herbal ke si ular yang udah mati tadi. Ular yang udah mati dibunuh tadi, hidup kembali. Asclepius yang ngelihat hal tersebut kemudian mencoba menaruh tanaman herbal itu ke tubuh Glaucus. Akhirnya si Glaucus hidup lagi. Asclepius kemudian menggunakan pengetahuan itu buat bantuin orang lain. Tapi, tindakannya ini ga disukai sama Dewa Kematian, Hades, soalnya kalo kayak gitu caranya, manusia ga akan mati. Akhirnya Hades ngelaporin si Asclepius ke Zeus. Dengan petirnya Zeus kemudian ngebunuh Asclepius, tetapi sebagai bentuk penghormatan, Zeus menaruh Asclepius di langit sebagai rasi bintang.

4.          URSA MAYOR dan URSA MINOR



Ursa mayor dan Ursa minor adalah dua rasi bintang yang letaknya berdekatan. Ursa mayor dikenal juga sebagai beruang besar, sedangkan Ursa minor dikenal dengan nama beruang kecil.
Diceritakan bahwa Zeus yang memang penggoda perempuan mendekati peri cantik bernama Callisto. Si Callisto pun tak mampu menahan pesona Zeus hingga akhirnya si Callisto melahirkan anaknya Zeus yang dikasih nama Arcas. Padahal Zeus ini udah punya istri yaitu dewi Hera. Si Hera kemudian ngamuk dan mengubah Callisto menjadi beruang. Si Callisto akhirnya hidup di hutan selama 15 tahun, menghindari para pemburu. Suatu hari, Callisto melihat si Arcas lagi jalan di hutan dan karena saking rindunya si Callisto dalam wujud beruang berlari ke arah Arcas. Tetapi Arcas yang ga tahu bahwa beruang itu ibunya bersiap untuk memanah si beruang. Untungnya Zeus melihat kejadian tersebut sebelum Arcas ngebunuh ibunya sendiri. Akhirnya, Zeus mengangkat Callisto dan Arcas ke langit dan menjadikannya rasi bintang. Si Ursa mayor adalah Callisto dan Ursa minor adalah si Arcas.

5.          ORION dan SCORPIO



Rasi bintang Orion yang menunjukkan arah Barat dan rasi bintang Scorpio sebagai penunjuk arah Timur di langit, tidak pernah muncul bersamaan.
Alkisah, Orion sang pemburu, ditugaskan Raja Oenopion untuk membasmi hewan-hewan buas yang ada di wilayah kerajaannya. Tugas tersebut berhasil dilaksanakannya dan membuat Orion sombong. Ia bahkan berbohong kepada Artemis dan Dewi Leto, bahwa dia berhasil membunuh semua makhluk di bumi. Akhirnya berita kesombongan Orion sampai di telinga Dewi Gaia (nenek dari Dewa Zeus). Dewi Gaia kemudian mengutus seekor kalajengking untuk membunuh Orion sebagai hukuman atas kesombongannya. Makanya kita ga bisa menemukan Orion dan Scorpio muncul bersamaan di langit. Ketika Scorpio muncul, maka Orion akan hilang karena ketakutan. Ketika Scorpio telah pergi, barulah Orion berani muncul.

6.          LEO



Nah ini rasi bintang kesukaan gw pribadi karena gw sendiri berzodiak Leo :P Singa yang menjadi simbol Leo bernama Nemea. Oke kita mulai langsung aja ke ceritanya.
Jadi ceritanya si Hercules memiliki tugas pertama ngebunuh singa Nemea. Singa ini bukan singa biasa karena kulitnya sangat keras dan senjata apapun ga bisa nembus di tubuhnya. Singa ini hidup di sebuah gua dan sering meneror masyarakat sekitarnya. Karena ga bisa dibunuh pake senjata, si Hercules kemudian menjebak singa Nemea dan kemudian mencekiknya hingga mati.
Tragis juga ya ceritanya hiks :'(

No comments:

Post a Comment