expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
Inuyasha - KilalaInuyasha - KilalaInuyasha - Kilala

Saturday, November 7, 2015

Tips Menghemat Baterai Smartphone


Hai, teman-teman semua! ^.^ Pasti ga enak banget kan kalo kita lagi jalan, baterai smartphone kita mendadak lowbatt? Nah, di kesempetan kali ini, gw ingin membagikan beberapa tips untuk menghemat baterai smartphone kita  :D






1.  Matikan sinyal ketika sinyal smartphone kita hilang.
Terkadang pas kita lagi jalan, sinyal smartphone kita suka hilang. Hal ini bisa disebabkan karena daerah itu jauh dari pemancar sinyal. Biasanya kalo udah kayak gini, smartphone kita tetep ingin mencari sinyal dan koneksi terbaik. Hal ini yang bikin baterai smartphone kita cepet habis. Oleh karena itu, di tempat-tempat dengan sinyal rendah, lebih baik matikan aja sinyal smartphone kita. Dan lebih baik lagi, matikan fitur WiFi dan bluetooth yang ga kepakai.

2.  Matikan fitur getar.
Fitur getar emang berguna banget bagi kita yang ingin smartphone tetep dalam keadaan silent tapi bisa memberi tahu kalo ada pesan atau telepon masuk. Tapi tahu ga sih, kalo ternyata fitur getar ini makan lebih banyak baterai daripada mode ringtone? Nah, jadi kalo emang ga perlu-perlu amat pakai fitur ini, lebih baik ga usah diaktifkan.

3.  Tutup aplikasi yang tidak diperlukan.
Sering banget kita males tutup aplikasi dengan benar. Padahal kalo tidak ditutup dengan benar, aplikasi tersebut tetap terbuka walaupun tidak sedang kita gunakan. Dan hal ini juga jadi salah satu faktor baterai smartphone kita ga tahan lama. Maka lebih baik kita tutup aplikasi yang udah ga kita pakai dengan benar.

4.  Jangan streaming.
Kalo kita bosen, kita pasti sering buka Youtube buat dengerin musik artis idola kita. Tapi, justru itu yang bikin baterai kita cepet habis. Oleh karena itu, lebih baik kalo kita unduh video dari Youtube dan masukkin ke ruang penyimpanan smartphone kita.

5.  Redupkan layar dan persingkat waktu time-out.
Tingkat kecerahan (brightness) yang tinggi bisa bikin baterai smartphone kita ga awet. Lebih baik, kita redupkan layar smartphone kita kalo ga dipakai. Oh ya, mempertahankan layar smartphone kita tetep menyala dalam keadaan lama juga bikin baterai cepet habis. Makanya, kita haru atur waktu time-out­ supaya ga makin banyak daya baterai yang terbuang.

6.  Isi daya baterai secara efisien.
Seblumnya, kita harus tau dulu nih. Ada 2 macem baterai, yaitu baterai lithium sama baterai nickel. Baterai nickel lebih awet daripada yang lithium. Tapi, kalau pakai baterai nickel, maka baterai smartphone baru diisi kalo udah mau habis saja dan isinya harus sampai 100% ya, guys. Kalo baterai lithium, malah kebalikannya. Harus diisi sesering mungkin supaya kapasitas aslinya tetep terjaga.

7.  Jaga smartphone agar tetep dingin.
Nah ini juga ga kalah penting. Kadang kita suka asyik main smartphone sampai panas. Padahal dalam keadaan panas, justru daya baterai kita akan menurun lebih cepat. Oleh karena itu, jangan sering-sering main smartphone. Juga jauhkan smartphone dari sinar matahari langsung dan lebih baik diletakkan di tempat yang sejuk.

Itu tadi beberapa tips supaya baterai smartphone kita ga cepet habis J Semoga bermanfaat!! :3


No comments:

Post a Comment