expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
Inuyasha - KilalaInuyasha - KilalaInuyasha - Kilala

Saturday, November 14, 2015

Dampak Negatif Kurang Tidur terhadap Kesehatan

Oke, karena akhir-akhir ini gw sering tidur larut malem, di post­-an gw kali ini, bakalan gw bahas beberapa dampak kesehatan yang bakal timbul kalo kita tidur larut malem :””””(

1. Penyakit jantung dan stroke dini
Tau ga sih guys, menurut penelitian Journal of Psychiartic Research ternyata kurang tidur bisa membuat kita berpotensi kena penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Yang mesti digarisbawahi adalah wanita lebih berpotensi untuk kena kedua penyakit ini dibandingkan laki-laki. Tidur kurang dari 6 jam juga menyebabkan seseorang 4 kali lebih berpotensi terkena stroke.

2. Melemahnya sistem imun
Kalo kita terus-terusan begadang, leukosit atau sel darah putih dihancurkan oleh tubuh. Padahal leukosit inilah yang berpenting menjaga kita dari penyakit-penyakit. Kalo udah kayak gini, tubuh kita gampang kena penyakit. Termasuk flu dan batuk. Walaupun kita udah punya pola makan yang sehat dan teratur, tapi kalo waktu tidur kita kurang, sama aja ga berguna mencegah penyakit.

3. Melemahnya daya ingat dan daya konsentrasi menurun
Mungkin inilah berita yang paling horor bagi para murid. MELEMAHNYA DAYA INGAT :c tapi penelitian yang dilakukan tahun 2009 oleh para peneliti Jepang dan Amerika telah membuktikan bahwa semakin sering kita kurang tidur, maka ingatan di otak kita juga bakal berkurang.
Kalo konsentrasi menurun sih kayaknya udah lazim ya. Makanya sering banget di sekolah kita ga mudeng sama pelajaran karna ngantuknya ga nahan D:

4. Potensi kanker
Penelitian yang digelar di Jepang menunjukkan kalo tidur malem yang kurang dari 6 jam semakin meningkatkan risiko kanker. Soalnya, ketika kita tidur, hormon melatonin bakal diproduksi. Di mana hormon melatonin inilah yang mencegah kanker. Ketika tidur kita kurang, otomatis hormon melatonin yang diproduksi juga makin berkurang.

5. Lebih rentan terhadap obesitas, kenaikan berat, dan diabetes
Ketika kita tidur, tubuh akan memproduksi hormon letin. Hormon ini yang menekan nafsu makan kita. Kalo kita kurang tidur, hormon leptin juga akan semakin berkurang produksinya. Makanya kita jadi banyak makan. Ujung-ujungnya obesitas.
Oh ya, dengan tidur sebenernya metabolisme lemak sedang berlangsung. Kalo kita kurang tidur, akhirnya metabolisme lemak tidak berjalan baik dan bikin timbangan terus bertambah.
Satu hal lagi, kurang tidur juga berakibat pada resistensi insulin yang jadi penyebab diabetes. Kalo hormon insulinnya tidak bekerja dengan baik, maka orang akan rentan terhadap diabetes.


Makanya penting banget kan untuk tidur cukup setiap hari? Yah 8 jam cukuplah. Emang sih tugas dan ulangan numpuk, tapi kesehatan juga harus jadi prioritas kita ya guys ^-^

No comments:

Post a Comment